Diagram Class

18 Apr

Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut
(metoda/fungsi).

Diagram class akan memperlihatkan himpunan kelas-kelas, antarmuka-antarmuka, kolaborasi-kolaborasi dan relasi-relasi antar objek. Diagram ini dapat digunakan untuk mendeskripsikan tipe objek dalam sistem dan  keterhubungan  mereka  secara  luas.  Diagram  class  memiliki 3 area pokok , yaitu:

1. Class name (dan stereotype). Area ini berisikan nama yang akan diberikan untuk kelas tersebut.

2. Atribut. Area ini akan diisi oleh elemen-elemen dari kelas yang bersangkutan.

3. Metoda atau operasi. Pada area ini akan diisikan tindakan – tindakan yang akan dilakukan oleh atribut dari kelas tersebut.

Gbr1. Sebuah class dalam UML

Atribut dan metoda dari doagram class dapat memiliki salah satu sifat berikut :
Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan.
Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya.
Public, dapat dipanggil oleh siapa saja.

Hubungan Antar Class
1. Asosiasi, yaitu hubungan statis antar class. Umumnya menggambarkan class yang memiliki atribut berupa class lain, atau class yang harus mengetahui eksistensi class lain. Panah navigability (pengatur alur arah) menunjukkan arah query antar class. Association akan terjadi antara dua kelas jika salah satu bagian dari kelas mengetahui yang lainnya dalam melakukan suatu kegiatan.
2. Agregasi, yaitu hubungan yang menyatakan bagian (“terdiri atas..”). Aggregation memiliki titik pusat yang mencakup keseluruhan bagian.
3. Pewarisan, yaitu hubungan hirarkis antar class. Class dapat diturunkan dari class lain dan mewarisi semua atribut dan metoda class asalnya dan menambahkan fungsionalitas baru, sehingga ia disebut anak dari class yang diwarisinya. Kebalikan dari pewarisan adalah generalisasi.
4. Hubungan dinamis, yaitu rangkaian pesan (message) yang di-passing dari satu class kepada class lain. Hubungan dinamis dapat digambarkan dengan menggunakan sequence diagram yang akan dijelaskan kemudian.

Contoh diagram class:

Gbr2.  Diagram class pada penjualan barang

2 Responses to “Diagram Class”

  1. Agung July 17, 2011 at 5:33 AM #

    Nice tutorial 😀

    • freezcha July 27, 2011 at 7:48 PM #

      Ma kasih…. ^^

Leave a comment