Interface Telematika

14 Nov

1. Pengertian Interface

Interface atau antarmuka secara umum adalah sebuah titik, wilayah, atau permukaan dimana dua zat atau benda berbeda bertemu; dan digunakan secara metafora sebagai perbatasan antar benda. Bentuk kerjanya berarti menghubungkan dua titik atau lebih  benda pada suatu titik atau batasan yang terbagi, atau untuk menyiapkan kedua benda untuk tujuan tersebut.

Secara khusus, pengertian interface dapat dikelompokkan ke dalam beberapa bidang:

@ Interface pengguna adalah fungsi dan atribut sensor dari suatu sistem (aplikasi, perangkat lunak, kendaraan, dll) yang berhubungan dengan pengoperasiannya oleh pengguna.

@ Di bidang teknik komputer, interface adalah :

Batasan fifik dari subsistem atau alat.

Sebuah bagian atau sirkuit di beberapa subsistem yang mengirim atau menerima sinyal ke atau dari subsistem lainnya: antamuka jaringan, antarmuka video, kartu network.

Sebuah standar yang menjelaskan sebuah himpunan karakteristik yang berfungsi, karakteristik interkoneksi fisik umum, dan karakteristik signal untuk pertukaran data atau signal; antarmuka USB, antarmuka SCSI .

@ Di bidang telekomunikasi, interface merupakan sebuah titik terkoneksi antara pengguna peralatan terminal dan fasilitas komuikasi komersial.

@ Untuk bidang teknik softwaqre, interface adalah sebiah spesifikasi dari properti sebuah komponen software yang komponen lainnya dapat bergantung kepadanya.

@ Di bidang kimia, interface adalah permukaan antara dua fase yang berbeda dan campuran “heterogeneous”.

@ Di bidang geologi, interface adalah sebuah permukaan atau lapisan “anamlous” antara dua “epoch” geologikal yang berbeda atau jenis batuan.

@ Untuk sistem operasi, interface merupakan suatu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Interface dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu: CLI (Command Line Interface) dan GUI (Graphics User Interface).


2. Pengertian Telematika

Istilah telematika dipopulerkan pertama kali pada tahun tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjuduk ‘L’information de la Societe’. Kata telematika berasal dari bahasa Perancis: “Telematique” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah telematika merujuk pada hakekat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika.

Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari telecomunication and informatics sebagai wujud dari perpaduan konsep computing dan communication. Istilah telematics juga dikenal sebagai ‘the new hybird technology’ yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi suatu terpadu atau populer dengan istilah konvergensi.

Dalam penghantar MK. Hukum telematika UI,istilah telematika merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media, dan informatika yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Konvergensi telematika kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan digital atau the net.

Secara umum, istilah telematika juga dipakai untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atu GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology). Secara spesifik, istilah telematika ini dipakai untuk bidang kendaraan dan lalu lintas.

Secara keseluruhan, telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik. Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangakauan seluruh dunia, dan melalui berbagai cara. Cara yang dimaksud adalah melalui perantaraan suara, huruf, gambar, data atau kombinasi-kombinasinya.

 

3. Pengertian Interface Telematika

Interface telematika adalah atribut sensor dari pertemuan sistem jaringan komunikasi dan teknologi informasi yang berhubungan dengan pengoperasian oleh pengguna. Ada 6 buah teknologi yang terkait dengan interface telematika, yaitu:

* Head-Up Display Systems (HUD)

* Tangible User Interface

* Computer Vision

* Browsing Audio Data

* Speech Recognation

* Speech Syntesis

[more…]

.

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka

http://karmila.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/15747/Tayangan+Peng-Telematika.pdf

Secara khusus, pengertian interface dapat dikelompokkan ke dalam beberapa bidang:

@ Interface pengguna adalah fungsi dan atribut sensor dari suatu sistem (aplikasi, perangkat lunak, kendaraan, dll) yang berhubungan dengan pengoperasiannya oleh pengguna.

@ Di bidang teknik komputer dan elektronika, interface adalah:

v Batasan fisik dari dua subsistem atau alat.

v Sebuah bagian atau sirkuit di beberapa subsistem yang mengirim atau menerima sinyal ke atau dari subsistem lainnya: antarmuka jaringan, antarmuka video, kartu network.

v Sebuah standar yang menjelaskan sebuah himpunan karakteristik yang berfungsi, karakteristik interkoneksi fisik umum, dan karakteristik signal untuk pertukaran data atau signal; antarmuka USB, antarmuka SCSI.

@ Di bidang telekomunikasi, interface merupakan sebuah titik terkoneksi antara pengguna pengguna peralatan terminal dan fasilitas komunikasi komersial.

@ Untuk bidang teknik software, interface adalah sebuah spesifikasi dari properti sebuah komponen software yang komponen lainnya dapat bergantung kepadanya.

@ Di Bidang kimia, interface adalah permukaan antara dua fase yang berbeda dan campuran “heterogeneous”.

@ Di bidang geologi, interface adalah sebuah permukaan atau lapisan “anomalous” antara dua “epoch” geologikal yang berbeda atau jenis batuan.

@ Untuk sistem operasi, interface merupakan suatu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Interface pada sistem opeasi dapat dikelompokkan ke dalam 2 jenis, yaitu CLI (Command Line Interface) dan GUI (Graphics User Interface).

2 Responses to “Interface Telematika”

  1. ichwana November 25, 2010 at 2:04 PM #

    salam kenal .. artikel yg bagus..

    baca juga tulisan kami http://repository.unand.ac.id

    • freezcha November 30, 2010 at 2:13 AM #

      Ma kasih.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: