I and Myself

16 Jun

Setiap orang pasti memiliki kebaikan dan keburukan pada dirinya masing-masing, karena tidak ada mahluk yang sempurna di dunia ini. Hanya saja kebaikan dan keburukan tersebut akan berbeda satu dengan yang lainnya.

Kebaikan yang saya miliki dalam diri saya adalah penyabar, suka mengalah, pendengar yang baik, serius tapi ada humornya juga, dll.  Mungkin belum banyak hal baik yang terdapat di dalam diri saya, sehingga baik orangtua dan teman yang ada di sekitar saya sering sekali memberikan nasihat dan motivasi kepada saya.

Namun, jika keburukan yang dibicarakan, saya merasa memiliki banyak keburukan. Diantaranya adalah memiliki sikap pesimis, kurang percaya diri, keras kepala, tertutup dan lebih suka menyendiri. Selain itu, saya juga terkadang suka mengulur waktu dan pekerjaan. Saya juga memiliki sifat pendendam, tapi biasanya hanya dipendam dalam hati. Terkadang saya juga memiliki sifat egois dan merasa iri hati terhadap orang lain akan keberuntungan atau keberhasilan yang diperolehnya.

Keburukan yang ada pada diriku mungkin tidak hanya itu saja. Misalnya, saya sebenarnya adalah orang yang sangat gampang tersinggung dan sakit hati. Namun, biasanya saya menutupinya dengan berdiam atau menangis di kamar. Saya juga terkadang tidak dapat menerima krikitan orang lain, tetapi tidak pernah saya perlihatkan secara riil.

Dengan adanya kebaikan dan keburukan tersebut, terkadang saya meng-introspeksi diri saya sendiri, khususnya mengenai keburukan yang saya miliki. Saya ingin menjadi orang yang lebih baik lagi, hanya saja tidak mudah untuk melakukannya. Jika saya mengingat akan keburukan yang pernah saya lakukan, saya merasa sangat bersalah. Pada saat itu, hal yang saya lakukan hanya menangis dan memohon ampun kepada Tuhan.

Untuk melakukan perubahan itu, memang bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Apalagi kita hanyalah seorang manusia biasa yang selalu pasti melakukan kesalahan dan kekhilafan. Namun, saya percaya kalau kita selalu rajin berdoa dan beribadat, kita bisa melakukan lebih banyak kebaikan lagi.

Leave a Reply

