Spam

28 Mar

Spam bukaspam comedin hanya ada di komputer saja. Istilah spam mungkin mulai muncul di era komputer. Namun, gaya spam sudah muncul nyaris satu setengah abad yang lalu. Tahun, 1864, sebuah telegram komersial menyebar.

Asal muasal istilah”spam” ini adalah dari sebuah serial komedi yang disiarkan BBC pada tahun 1970. Setting serial komedi itu adalah sebuah kafe yang memiliki kata “Spam” pada menunya. Saat pelayan mengeluarkan memu itu, sekelompok Viking bernyanyi, “Spam! Spam! Spam! Spam! Lovely Spam! Wonderful Spam!” Kata “Spam” yang muncul berulang – ulang itu mengacu pada sebuah merek dagimg sapi kalengan asal Argentina.

Pada zaman awal AOL, ruang chat sering jadi ajang kirim spam. Orang bisa mengirim gambar yang dibuat dari rangkaian huruf–terkenal dengan istilah seni ASCII. Gambar yang besar dan berupam logo itu sering mengganggu orang yang sedang ngobrol karena harus melakukan scroll terus – menerus. Serunya, perang di ruang chat ini terjadi antara penggemar Star Wars dan Star Trek. Ruang penggemar Star Wars sering diserbu oleh penggemar Star Trek dengan menempatkan teks berukuran besar. “Flooding” atau “trashing” begitulah istilah awalnya.

Spam komersial muncul pada tahun 1994, tanggal 5 Maret tepatnya. Pengirimnya sepasang pengacara Laurence Canter dan Martha Siegel. Mereka menggunakan Uswenet untuk mengiklankan layanan hukum bagi para imigran. Insiden itu lalu terkenal dengan istilah “Green Card Spam”.
Pada tahunn-tahun berikutnya, fokus spam adalah e-mail. Gokus itu tetap berjalan sampai saat ini dan menambah ke situs web media sosial. Pada tahun 2009, meski bahasa Inggris masih bahasa favorit, spammer mulai menerjemahkan spam menggunakan layanan penerjemah otomatis untuk mengirim spam dengan bahasa lain.

Berikut ini merupakan fakta seputar Spam:
1.      Dari semua e-mail yang beredar di seluruh dunia, 86,3 % adalah spam.
2.      Dari semua spam, 0.84% mengandung link ke situs web phising.Spam in mailbox
3.      Sebanyak 1,22% spam mengandung malware.
4.      Sumber spam terbanyak adalah Amerika Serikat.
5.      Topik favorit spammer adalah layanan dalam dunia kesehatan.
6.      Bahasa Inggris adalah bahasa yang diidolakan para spammer.
7.      Di Amerika Serikat, spam legal. Di Eropa, spam ilegal.
8.      Spam yang pertama kali tercatat beredar dalam jaringan disebarkan oleh Gary Thuerk pada tahun 1978. Spam itu berisi iklan komputer Digital Equipment   Corporation.
9.      Spammer biasanya seseorang pelaku tindak kriminal.
10.    Sebanyak 29% orang membeli barang yang diiklankan dalam spam.
11.     Barang yang sering dibeli adalah pil penguat kemampuan seksual, software, barang – barang kategori dewasa, dan barang mewah, seperti jam tangan, perhiasan, serta pakaian.

Sumber:  Pcplus 347

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: