Merdeka Dari Spam

28 Mar

spam no -logoBerikut ini adalah kiat – kiat yang dapat dipraktekkan untuk membendung masuknya spam ke inbox pada e-mail, yaitu:

1.  Samarkan Alamat E-mail Anda
Penyamaran ini dilakukan terutama ketika berkomunikasi di mailing list (milis), forum, blog comment, chatroom, atau layanan publik lainnya. Ada beberapa cara yang dapat dipraktekkan, yaitu:
(a) Menambahkan sesuatu yang tidakpenting di dalamnya, seperti karakter, angka atau simbol–tetapi buat supaya orang yang membacanya bisa langsung tahu bahwa tambahan tersebut harus dihapus dulu untuk dapat mengirimkan e-mail ke Anda. Misalnya, jika alamat e-mail Anda pc@yahoo.com, maka bisa dimodifikasinya menjadi pc@ya(hoo”) atau pc(at)yahoo.com.
(b) Menggunakan alamat email yang panjang dan rumit–terdiri dari kombinasi hirif, angka dan garis bawah. Hal ini dikarenakan jika namanya terlalu mudah, spammer juga dengan gampang dapat menebaknya dan menjadikan Anda sebagai korbannya. Risikonya, makin suit usernamw Anda ditebak oleh spammer; makin susah pula teman atau kolega Anda mengingat alamat e-mail tersebut.
(c) Mempergunakan tool encoding khusus alamat e-mailo. Contoh layanan online-nya adalah Addres Encoder besutan Ohlone College.
(d) Menggunakan alamat e-mail “disposable”. E-mail jenis ini akan memforward semua surat elektronik Anda ke alamat asli Anda. Nah, begitu Anda menerima spam, Anda dapat menyetting agar spam tersebut dikirim kembali ke e-mail disposable” Anda dan kemudian mental kembali ke si spammer. COntoh layanannya adalah Spamex dan Emailias.
(e)  Manfaatkan online e-mail image generator gratisan. Dengannya, alamat e-mail Anda akan disamarkan di bawah sebuah gambar.
(f) Menyamarkan dalam sebuah URL, misalnya menggunakan www.tinymail.me. Dengan layanan web gratisan ini, Anda bisa membuat URL palsu untuk alamat e-mail Anda sehingga spammer sulit mengaksesnya.

2.  Cek dan Ricek
Memeriksa alamat e-mail apakah dapat dipantau oleh para spammer dengan mengetiknya di mesin web pencari seperti Google. Jika informasi tersebut ternyata muncul di suatu web atau milis, hapuslah (jika mungkin) untuk mengurangi spam yang diterima.

3.  Buatlah Dua Alamat E-mail
Membuat dua alamat e-mail, satu untuk kirim-kiriman surat elektronik ke teman dan kolega. Satu lagi untuk mendaftarkan diri di newsletter atauposting forum dan lokasi publik lainnya.

4.  Manfaatkan Fitur Penyaring Spam
Jika penyedia jasa internet (ISP) Anda menyediakannya, aktifkan. Jika ada spam yang ternyata tidak tersaring, segera laporkan ke ISP Anda. Jika mereka tidak menawarkan fasilitas semacam ini, gunakan software antispam untuk mengurangi jumlah e-mail sampah yang masuk ke inbox Anda.

5.  Baca Privacy Policy
Ketika mengisi formulir online di web, periksalah privacy policy (kebijakan penanganan data pribadi pengguna) yang ada di website tersebut untuk memastikan bahwa data Anda tidak akan dijual atau diteruskan ke pihak lain. Dan selalu pastikan bahwa Anda tidak menerima e-mail yang tidak Anda inginkan. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda mengirimkan formulir online di suatu website. Biasanya ada checkbox kecil yang menyatakan bahwa Anda ungin atau tidak ingin dikirimi newletter atau semacamnya secara rutin via e-mail. Bacalah dengan teliti dan isi dengan benar.

6.  Haram Dilakukan Ketika Menerima E-mail Spam
(a)  Membukanya. Sering kali, surat elektronik sampah dilengkapi dengan semacam pelacak yang memungkinkan para spammer menentukan berapa banyak korban yang berhasil mereka perdayai, atau alamat e-mail mana saja yang telah menerima dan membuka pesan yang mereka kirimkan.
(b)  Mengklik gambar yang di-catch di sana. Pertimbangkanlah untuk menggunakan e-mail client yang tidak secara otomatis me-load gambar grafis, seperti yang ditawarkan oleh versi terbaru Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird.
(c)   Meresponnya. Jika Anda membalas a-mail sampah tersebut, berarti Anda telah mengkonfirmasi bahwa alamat e-mail Anda valid dan si spam telah sukses terkirim ke inbox Anda (tidak disaring oleh spam filter), dan Anda juga telah membuka serta membaca spam tersebut. Selain itu, Anda harus menghindari untuk merespon e-mail yang meminta Anda untuk melakukan validasi atau konfirmasi detail apapun dari akun Anda. Percayalah pada pihak Bank, perusahaan kartu kredit,eBay,PayPal, dan laiinya sudah punya detail akun Anda, jadi mereka tidakperlu melakukan validasi.
(d)  Mengklik link yang ada di sana. Bahkan jika link tersebut bernama “unsubcribe” atau ada e-mail yang dikirimkan oleh teman Anda tapi tampak mencurigakan. Besar kemungkinan itu adalah link palsu ke website phising.
(e)  Membeli produk yang ditawarkan.

7.  Ganti Dengan Yang Baru
Hal ini dilakukan jika alamat e-mail Anda menerima spam dalam jumlah besar tiap harinya. pasalnya, begitu Anda sudah masuk dalam daftae korban banyak spammer, bisa dipastikan e-mail Anda tersebut akan menerima semakin banyak spam ke depannya.

8.  Terus Perbaharui
Pastikan software antivirus Anda selalu diperbaharui. Banyak virus dan Trojan yang memindai hard disk dan mencari alamat e-mail untuk dikirimi spam dan virus.

9.  Gunakan Firewall
Ini penting untuk mengamankan komputer Anda dari aksi pembajakam atau serangan worm.

10.  Selalu Curiga
Selalulah berasumsi bahwa e-mail yang pengirimnya tidak Anda kenal adalah spam. Memang, berprasangka buruk itu tidak baik, tapi ini  sikap yang perlu Anda pasang teguh jika ingin terhindar dari spam.

11. Cek Lebih Dulu
Jangan terburu-buru (atau secara otomatis) mengosongkan folder spam dari inbox e-mail Anda tanpa memeriksanya terlebih dahulu. Pastikan terlbih dahulu bahwa semua e-mail tersebut benar – benar adalah spam. Ingatlah bahwa fitur oenyaring spam tidaklah sempurna, jadi ada saja kemungkinan mereka juga ikut menyaring e-mail yang sebenarnya penting bagi Anda.

12. Jangan Jadi Spammer
Jangan pernah me-forward e-mail berantai. Kenalilah e-mail mana saja yang masuk kategori hoax(berita palsu / bohong) dan bukan. Jika kontennya cenderung mustahil, misalnyamenawarkan iPod secara gratis, jika Anda mengirimkan e-mail tersebut ke 200 teman Anda, percayalah bahwa itu adalah hoax.

13.  Pakailah Fasilitas BBC
Anda sering mengirimkan e-mail ke banyak orang sekaligus? Gunakan fasilitas BBC untuk tidak menayangkan alamat mereka atau kelompokkan ke dalam suatu nama khusus.

14.  Perhatikan Privacy Setting
Terutama yang disediakan di website jaringan sosial. Umumnya, layanan semacam itu membolehkan Anda memilih siapa saja yang memiliki akses untuk melihat alamat e-mail Anda. Pertimbangkanlah untuk menyembunyikan alamat e-mail Anda atau mengubah settingnya sehingga hanya sebagian kecil orang saja yang bisa melihat informasi tersebut.

Sumber: PCplus 347

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: