Teknik Desain Web

5 Mar

Dalam mendesign suatu web dengan baik, sebaiknya dilakukan dengan memegang prinsip kesederhanaan dan membuatnya dapat cepat diakses. Hal ini sangat mempenaruhi minat pengunjung untuk membuka web tersebut. Kriteria-krteria minimal yang harus dapat dipenuhi oleh suatu web adalah memiliki isi yang menarik, tampilan bagus, navigasinya jelas, dan kecepatan aksesnya juga tinggi.

Untuk dapat membuat suatu homepage terlihat menarik bagi para pengunjungnya, banyak hal yang dapat dilakukan. Beberapa diantaranya adalah dengan memasang buku tamu, forum online, dan kumpulan foto-foto. Homepage bisa juga diisi dengan cerita-cerita lucu, dan pengalaman yang menarik dan/atau dengan menambahkan tampilan animasi-animasi. Dan masih ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk membuat homepage terlihat menarik.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan dalam mendesign sebuah web adalah komposisi warna, tulisan dan gambar yang seimbang. Pemilihan warna harus diltakukan dengan konsisten, agar situs tersebut terlihat sebagai suatu kesatuan. Jangan terlalu banyak memilih warna dan berlebihan. Sebaiknya warna yang dipergunakan ada 3 atau 4 warna dengan komposisi yang serasi kelihatannya. Untuk mempermudah pengunjung untuk membaca teks halaman web, maka huruf(font) yang dipergunakan sebaiknya huruf-huruf standar yang sudah sering dipergunakan, seperti times new roman, arial, verdana dan helvetica.

Tidaklah mudah dalam melakukan pendesignan ini. Biasanya karena terlalu ingin membuat web kelihatan menarik dan memiliki tampilan yang bagus, pada halaman web diletakkan banyak grafik, gambar, atau fitur lainnya. Memang benar tampilannya akan bagus, tetapi hal ini akan mengurangi kecepatan akses dari halaman web tersebut. Untuk itu, dalam melakukan design web, jangan hanya memperhatikan tampilan saja. Fungsi utama dari web bukanlah untuk menampilkan hal-hal demikian, tetapi sudah pasti untuk menyampaikan informasi kepada pengunjungnya.

Penggunaan menu pada web harus dibuat dengan jelas dan tidak membingungkan pengunjungnya. Menu yang dipergunakan dapat berupa gambar atau teks. Jika menu berupa gambar, maka gambar yang dipakai harus menarik perhatian dan membuat gambar beranimasi atau menulis teks ‘klik di sini’. Hal ini untuk membuat para pengunjung dapat mengetahui bahwa gambar tersebut dapat diklik. Menu yang berupa teks sering disebut link harus diberikan warna yang berbeda sebelum dan sesudah menggunakan link tersebut.

Pengunjung akan sering melihat atau mendatangi suatu homepage yang memiliki akses yang cepat, selain homepage tersebut terlihat menarik.  Ada beberapa hal yang membuat pengaksesannya terlalu lambat, yaitu:

–  Server tempat homepage tersebut diletakkan memang sangat lambat

–  Jaringan internetnya memang sedang lambat

–  Manajemen desain homepage yang buruk, seperti ukuran file yang sangat besar dan tidak efisien, ukuran file gambar tidak optimal atau sangat besar, penggunaan animasi yang berlebihan, atau karena adanya source code java script dan style sheet yang sama pada setiap halaman.

Pendesignan yang dilakukan terhadap suatu homepage harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Kegunaan. Penentuan apa yang akan dicapai jika website ini dibuat. Ini akan sangat membantu untuk menentukan apa yang sebaiknya dikerjakan terhadap website tersebut.

2. Tujuan. Website yang dibangun juga harus memiliki suatu tujuan, apakah untuj memperoleh keuntungan, atau untuk memberikan informasi, atau bahkan keduanya.

3. Target pengunjung. Pembangunan website ini ditujukan untuk pengunjung yang bagaimana. Hal ini sudah pasti disesuaikan dengan tujuan pembuatannya.

4. Content. Isi atau content yang ingin dimasukkan ke dalam website haruslah sesuai atau mendukung tujuan dari website dan target pengunjung.

5.  Gaya. Penggunaan gaya dalam pembuatan web juga sangat berpengaruh. Gaya yang dipergunakan harus disesuaikan dengan sasaran pengunjung website ini. Misalnya, website tersebut ditujukan kepada anak-anak, maka pengaturan  warna atau designnya harus disesuaikan dengan minat anak-anak.

6. Teknologi. Teknologi yang akan dipergunakan untuk membangun website juga harus bisa ditentukan. Apakah website dibuat hanya dengan HTML saja atau berinteraksi dengan bahasa pemrograman laiinya, seperti Java, PHP, ASP, dsb.

Proses umum yang dilakukan untuk membuat web adalah:

–  Membuat sketsa desain

–  Membuat layout desain

–  Membagi gambar menjadi potongan kecil-kecil

–  Membuat animasi

–  Membuat HTML

–  Programming dan script

–  Evaluasi atau test

–  Upload HTML

–  Promosi honepage

4 Responses to “Teknik Desain Web”

  1. sairin February 9, 2011 at 6:58 PM #

    bagaimana cara menampilkan “post comment” seperti ini agar pengunjung dapat memberikan komentarnya pada web kita?????(saya baru dalam tahap belajar n smtara mendesain web yang akan saya buat)

    • freezcha February 10, 2011 at 9:59 PM #

      1. Buat database, tabel dan field na..
      2. Buat d design Anda sebuah tabel yang berisi textarea dan sebuah button..
      Textarea dan button tersebut dibuat di dalam sebuah form yang memiliki method dan action… Lalu file disimpan, misal: komen.php…
      Cth koding na:
      * Buat Form :: (form method=”post” action=”x.php”)
      * Buat Tabel :: (table)
      (tr)(td)(textarea name=”komentar” cols=”55″ rows=”12″)
      ( /textarea) (/td) (/tr)
      (tr)( td align=”center”)(input type=”submit” name=”Submit” value=”Submit”/)(/td)(/tr)
      * Tutup Tabel :: (/table)
      * Tutup Form :: (/form)
      3. Buat koding file x.php yang brisi penginputan data ke database na..
      Misal:
      * Buat tanda awal kding php :: ” (? ” atau ” (?php ”
      * Buat Koneksi ke databse na ::
      $conn = mysql_connect;
      mysql_select_db;
      $ip=getenv;
      * Buat perintah tuk masukkan data k databse na ::
      $perintah = “insert into nma_tabel values “;
      $hasil = mysql_query;
      * Tutup koding php na :: ” ?) ”

      Silahkan dcoba…
      Smga bhasil..^^

      NB: Tnda () dganti dan tanda dganti ()

      • sairin February 26, 2011 at 9:58 AM #

        software apa yang paling baik untuk buat itu?????

      • freezcha February 28, 2011 at 2:19 AM #

        Klo mau yang mudah dan gampang sech, pake Dreamweaver z…
        Tp klo kmu mw skalian bljar coding ada bnyak, misalnya Drupal, PHPtriad…
        Klo saya lbh sring pke XAMPP…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: