World Wide Web

27 Feb

World Wide Web(WWW), lebih dikenal dengan web atau situs, merupakan salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung ke internet. Pada awalnya web atau situs merupakan ruang atau halaman dalam internet yang menggunakan teknologi hyperteks. Halaman tersebut digunakan untuk menmapilkan informasi, gambar gerak, suara atau gabungansemuanya baik bersifat statis maupun dinamis yang membentuk suatu rangkaian bangunan yang terkait yang masing-masing kan dihubungkan dengan link-link . Setiap pemakai akan ditunttut untuk menenmukan informasi dengan mengikuti link yang disediakan di dalam dokumen web yang ditampilkan dalam browser web.

Saat ini internet sangat identik dengan web, web dijadikan sebagai standar interface dalam internet. Web lebih populer bagi khalay umum dan pemula, terutama untuk tujuan pencarian informasi dan melakukan komunikasi e-mail yang menggunakan web sebagai interfacenya. Selain itu, web juga telah diadopsi oelh perusahaan sebagai bagian dari strategi teknologi informasinya. Hal ini dikarenakan karena web memiliki akses informasi yang mudah, setup server lebih mudah, informasi yang mudah didistribusikan dan bebas platform.

Dasar dari penciptaan WWW adalah jalan pintas CERN yang dikembangkan oleh Tim Berners-Lee dan peneliti lain di European Particple-Physics Lab di Geneva, Swiss pada tahun 1993. Dimana dengan jalan pintas CERN ne seorang dapat mengirimkan sebuah file dari komputer remote ke sisitem lokalnya (log in ke dalam sistem remote) hanya dengan mengklik hyperlink dan tidak  perlu melalui mekanisme FTP dan Telnet. Kemudian pada Oktober 1994W dibentuklah orld Wide Web Consortium-W3C. W3C ini mengembangkan teknologi yang dpat diopersikan pada platform manapun, membawa web mencapai potensi yang utuh sebagai suatu forum informasi, commerce,komunikasi, dan perjanjian bersama. W3C meletakkan gabungan spesifikasi dalam standar web,
yaitu:
– Standar web yang paling mendasar adalah HTML, CSS, dan XML
– Standar HTML yang terakhir adalah XHTML 1.0

Unsur-unsur yang harus ada pada saat membangun  suatu web atau situs antara lain:

1. Domain Name.
Domain name atau domain adalah alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi atau menemukan situs kita pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL. Contoh sebuah URL adalah http://www.yahoo.com–dapat juga tanpa www–
Ada terdapat beberapa macam nama domain yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan, yaitu:
(a)  Generic Domains
Domain ini disebut dengan top level dan tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapa pun dpat mendaftar. Contoh akhiran dari domain ini adalah
->  Ø.com : merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan “commercial”.
->  Ø.edu : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan (education)
->  Ø.gov : merupakan domain untuk pemerintahan (government)
->  Ø.mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)
->  Ø.org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization).

(b)  Country-Specific Domains
Dikenal dengan second level domain, adalah domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan dioperasikan di masing-masing negara, seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain. Domain ini dioperasikan dan di daftarkan dimasing negara. Contoh peggunaannya di Indonesia adalah:
->  Ø.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
->  Ø.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
->  Ø.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
->  Ø.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
->  Ø.or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain
->  Ø.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
->  Ø.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
->  Ø.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di Worl Wide Web.

2. Hosting
Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Hosting diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte). Lama penyewaan hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting ini dilakukan oleh perusahaan-perusahaan penyewa web hosting.

3. Scripts/Bahasa Program
Script adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Jenis jenis scripts yang banyak dipakai oleh para designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets dsb. Namun, bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan bahasa yang lain merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs. Harga dari suati Scripts rata-rata sangat mahal karena sulitnya membuat, biasanya mencapai puluhan juta. Scripts ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat.

4. Design Web
Design web sangat menentukan kualitas dan keindahan situs. Ini merupakan unsur yang palin penting dan utama, karena sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah web site. Untuk mendesign situs dapat dilakukan sendriri atau menyewa jasa web designer. Kualitas dari suatu situs ditentkan oleh kualitas web designernya. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan situs maka akan menghasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantung kualitas designer.

5. Publikasi
Efektif atau tidaknya suatu situs atau web sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Memperkenalkan situs kepada masyarakat memerlukan ‘publikasi atau promosi’, yang dapat dilakukan dengan pamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain sebagainya. Namun, cara-cara tersebut kurang efektif dan terbatas. Untuk itu diperlukan cara lain yang lebif efektif, yaitu melaui search engine-search engine, misalnya  Yahoo, Google, Search Indonesia, dsb.

Selanjutnya bagaimana WWW (web atau situs) itu bekerja?
–  Informasi web disimpan dalam dokumen yang disebut dengan halaman-halaman web
–  Web page adalah file-file yang disimpan dalam komputer yang disebut dengan server-server web
–  Komputer-komputer membaca web page disebut sebagai web client
–  Web client menampilkan page dengan menggunakan aplikasi yang disebut dengan browser web (web browser)
–  Browser web yang populer adalah Internet Explorer dan Netscape Navigator.

Browser Web adalah software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web. Browser tersebut ada yang menampilkan secara text yaitu Lynx, ada pada lingkungan DOS dan *nix (keluarga sistem operasi Unix). Dan browser yang menggunakan mode grafik yaitu Internet Explorer dan Netscape Navigator.  Suatu browser mengambil sebuah web page dari server dengan sebuah request. Sebuah request adalah HTTP standar yang berisi sebuah page adddress, contoh http://www.mangosoft.com/page.htm. Seluruh web page berisi instruksi-instruksi bagaimana untuk ditampilkan. Browser menampilkan page dengan membaca instruksi-instruksi ini, instruksi yang paling umum untuk menampilkan disebut dengan tag HTML.

Server web adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web, serta melayani permintaan dokumen web dari kliennya. Browser web berkomunikasi melalui jaringan dengan server web menggunakan HTTP. Browser akan mengirimkan request kepada server untuk meminta dokumen tertentu atau layanan lain yang disediakn oleh server. Server memberikan dokumen atau layanannya jika tersedia dengan menggunakan protokol HTTP.

Sumber:

Betha Sidik, Ir dan Husni I.Pohan,Ir.,M.Eg, Pemrograman Web dengan HTML, 2007 Bandung: Informatika

http://www.litbang.depkes.go.id/tik/media/Pengantar_WWW.doc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: