Borland Delphi

27 Feb

Program komputer dapat memecahkan hampir semua masalah yang memerlukan ketelitian yang tinggi, serta banyak data yang harus diolah, dengan waktu penyelesaian yang singkat. Dulu, membuat sebuah program sangat sulit dan melelahkan. Karena sekarang pembuatan program dituntut harus cepat, tepat dan siap pakai, maka munculah bahasa pemograman yang berbentuk visual, antara lain : Visual C++, Visual Foxpro, Visual Basic, dan lain-lain.

Borland Delphi adalah salah satu dari program secara visual, bahasa yang digunakan lebih mengarah ke bahasa pascal. Banyak orang yang mengatakan
bahwa pascal adalah nenek moyang dari Delphi, karena Delphi adalah pengembangan dari turbo pascal yang popular. Seperti bahasa lainnya, Delphi
mengalami perkembangan yang sangat pesat. Delphi yang dikeluarkan oleh Borland, memiliki support yang sangat tinggi terhdap database-database yang
sudah terkenal (seperti MS Access, Paradoks, Foxpro, Dbase, Oracle, dan lain-lain). Selain itu, delphi juga dilengkapi dengan objek-objek yang baru sehingga memudahkan pembuatan program, baik program database maupun program lainnya (game utility, dan lain-lain).

Delphi dapat dibagi menjadi 3 versi. Setiap versinya ditujukan untuk pengembangan yang berbeda. Ketiga versi itu adalah:
1. Delphi standard, adalah versi pemula dan ditujukan untuk pelajar yang ingin mendalami Delphi. Versi ini dilengkapi dengan segala sesuatu yang diperlukan untuk membuat aplikasi Delphi.
2. Delphi Profesional, ditujukan untuk pengembangan professional yang tidak memerlukan fasilitas server /client.
3. Delphi Enterprise, ditujukan untuk pengembangan yang lbih tinggi dengan aplikasi yang berkomunikasi dengan SQL Server.

Mengenal IDE Delphi

Salah satu kelebihan da ri perangkat lunak Borland Delphi adalah lingkungan terpadu. Lingkungan terpadu (IDE /Integrated development Environtment) adalah tempat untuk merancang program, menyimpan program, dan menjalankan program. Lingkungan terpadu dari Borland Delphi 6.0 terdiri atas :

*) Menu Utama, yang terdiri dari : File, Edit, search, View, Project, Run, Component, database, Tools, Help.                                                                                                                                                                                              *) Tombol cepat (Speed Bar) : untuk men jalankan fungsi-fungsi dengan sepat dan mudah dari menu utama yang sering dipakai seperti : New, Open, Save (Ctrl+S), Save All, open Project (Ctrl+F11), dan lain-lain.

Pada IDE terdapat berbagai fasilitas untuk mendesain, coding maupun debugging. IDE Delphi terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu Main Windows, Component Palette, ToolBar, Object TreeView, Code Explorer, Object Inspector, Form Designer dan Code Editor. Semua bagian tersebut dapat diartu sendiru misalnya untuk menyembunyikan bagian-bagian yang tidak digunakan.

1. Main Menu, Speed Bar dan Palette Bar
Di dalam Main Menu, terdapat fasilitaas-fasilitas yang disediakan oleh Delphi untuk mengontrol serta menangani masalah yang berhubungan dengan
pekerjaan (contohnya menu utama untuk menyimpan, menu untuk mengcompile, dan masih banyak lagi). Speed Bar berfungsi seperti main Menu, tetapi pada SpeedBar hanya berupa icon. Sehingga cukup meng-klik, jika ingin menjalankan fasilitas yang dikendaki. Sedangkan yang dimaksud dengan Palette bar adalah tempat object-object yang digunakan untuk menyusun sebuah program.

2 Component Palette
Componen Palette memiliki kategori komponen, seperti yang ditampilkan dalam tabel berikut :

3 Object Inspector
Object Inspector berfungsi sebagai tempat untuk memilih atau menentukan properties, even dari suatu objek. Object Inspector terdapat dua tab, yaitu :
Properties : berfungsi mengubah sifat-sifat yang dibawa oleh object tersebut. Event : sebagai daftar prosedur yang dilakukan oleh Object Inspector ketika suatu peristiwa terjadi.

4 Object Tree View
Object Tree View adalah sebuah diagram pohon yang menggambarkan hubungan logis antara komponent visual dan non visual yang terletak pada form,
data module maupun frame. Semua object yang digunakan pada form, data module maupun frame akan muncul pad Object Tree View.jika ingin memilih salah satu item pada Object Tree View, secara otomatis focus pada form yang akan berpindah.

5 Jendela Form
Jendela Form adalah tempat untuk memasang object-object, sedangkan Code editor adalah tempat untuk menuliskan source code atau bahasa program.
Fungsi dari code editor adalah tempat mengetik atau menampilkan object-object tertentu, untuk tampilan program.

6 Jendela Editor
Jendela Editor berfungsi sebagai tempat untuk menuliskan listing program yang dirancang.

Sumber:  Antony Pranata, Pemrograman Borland Delphi Edisi 3, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2000.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: